Sosialisasi Manajemen Risiko dan Keselamatan Pasien pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Kedokteran Gigi Angkatan 8 di RSGM UNIMUS

Penulis

  • Diki Bima Prasetio Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eli Sahiroh Laboratorium Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Dwi Windu Kinanti Arti Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Juni Arum Sari Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Universitas Muhammadiyah Semarang Masyarakat

DOI:

https://doi.org/10.26714/jipmi.v1i3.27

Kata Kunci:

manajemen risiko, keselamatan pasien, kedokteran gigi, RSGM

Abstrak

Latar belakang: Insiden keselamatan pasien merupakan masalah penting, 10% dari pasien di Rumah Sakit mengalami insiden, dan 5-21% dari kejadian tersebut menyebabkan kematian. Tujuan: Melakukan sosialisasi tentang manajemen risiko dan keselamatan pasien kepada mahasiswa kedokteran gigi yang akan melakukan pendidikan profesi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Muhammadiyah Semarang. Metode: Langkah dalam melakukan kegiatan yaitu yang pertama melakukan pre-test terlebih dahulu. Lalu yang kedua melakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait manajemen risiko dan keselamatan pasien. Dan yang ketiga adalah melakukan post-test. Hasil: Pada saat dilakukan pre-test nilai pemahaman mahasiswa terkait manajemen risiko dan keselamatan pasien masih rendah dengan nilai terendah yaitu 35. Pada saat dilakukan sosialisasi mahasiswa memberikan respon yang sangat baik dengan adanya 100% mahasiswa memberikan respon tanya terhadap materi yang telah disampaikan. Pada saat post-test nilai mahasiswa cukup baik mneingkat dengan nilai terendah yaitu 50. Kesimpulan: Terjadi peningkatan pengetahuan mahasiswa dari awalnya yang belum pernah mendengar tentang manajemen risiko dan keselamatan pasien, akhirnya mahasiswa jadi tahu dan paham akan pentingnya menerapkannya di rumah sakit selama melakukan pendidikan profesi.

Referensi

M R. Laporan Kasus Gambaran Pelaksanaan Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Di Rumah Sakit Umum X Kota Y. J Kesehat Andala 2019; 8: 182–90.

L S. Pengendalian Infeksi Nosokomial Di Ruang Intensive Care Unit Rumah Sakit. J Kedokt Syiah Kuala 2012; 12: 47–52.

Vinodhini K DA. Study ON Infection Control Practies Among Healthcare Workers In A Speciality Hospital, Chennai.

Shara AC, Aditya G BB. ubungan antara pengetahuan terhadap motivasi dokter gigi muda dalam kontrol infeksi. Medali J 2014; 2: 42–7.

Ramadhani WR, Kepel BJ P, WG. Tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi pada perawatan periodonsia di rumah sakit gigi dan mulut pspdg fk unsrat 1. J e-GiGi 2015; 3: 409– 15.

Arbianti K HM. Perlindungan Diri ( APD ) Di Rumah Sakit Islam Gigi Dan Mulut Sultan Agung Semarang. ODONTO Dent J 2019; 6: 1–7.

Ghahramanian A et al. Quality of healthcare services and its relationship with patient safety culture and nurse-physician professional communication. Heal Promot Perspect; 7. Epub ahead of print 2017. DOI: 10.15171/hpp.2017.30.

Menkes R. Buku Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Patient Safety). Jakarta: Depkes, R.I, 2008.

RI D. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) (Patient Safety Incident Report). 2nd ed. Bakti Husada, 2008.

Agustina. Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat Dalam Melaksanakan Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap RSUD DR Wahidin. Sulawesi.

KKP-RS P. Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis di Rumah Sakit.

Nasution MAS. Peran Komite Medik dalam Upaya Perlindungan Dokter Memberikan Pelayanan Medis Terhadap Jaminan Kesehatan Nasional Berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.

Supartiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit 2017; 6: 9–15.

Sorra J, Gray L, Streagle S et al. Hospital Survey on patient safety Culture: User’s Guide.

Neri RA, Lestari Y, Yetti H. Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. J Kesehat Andalas 2018; 7: 48.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

1.
Prasetio DB, Sahiroh E, Arti DWK, Sari JA. Sosialisasi Manajemen Risiko dan Keselamatan Pasien pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Kedokteran Gigi Angkatan 8 di RSGM UNIMUS. JIPMI [Internet]. 31 Juli 2022 [dikutip 4 Oktober 2022];1(3):19-21. Tersedia pada: https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi/article/view/27

Terbitan

Bagian

Artikel Bidang Kesehatan

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama