Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah SUDAH diketik dalam format dokumen Microsoft Word 2007 atau 2010.
  • Referensi berkisar antara 15 - 40 buah, yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya. Penulisan menggunakan software Mendeley dengan SAGE-Vancouver bracket style.
  • Naskah diketik dengan teks 1,15 spasi; font 12; semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis berikut.

Panduan Penulis

  1. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia, belum dan tidak akan pernah diterbitkan di jurnal lain mana pun baik sebagian ataupun keseluruhan isi naskah.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan tulisan ilmiah yang bersumber dari kegiatan pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk seperti penyuluhan, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, serta laporan hasil inovasi pengembangan teknologi terapan bagi masyarakat baik bidang kesehatan dan non kesehatan.
  3. Naskah harus ditulis dalam bentuk artikel dengan sistematika: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan (tidak dipisahkan), Kesimpulan, sesuai dengan template yang telah disediakan dan wajib menyertakan minimal 1 (satu) buah gambar/dokumentasi kegiatan.
  4. Penulis harus memiliki akun jurnal dengan mendaftar sebagai penulis sebelum masuk ke Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia, untuk mengirim dan mengunggah naskah.
  5. Jumlah referensi antara 15 - 40 buah, menggunakan aplikasi Mendeley dengan style SAGE-Vancouver bracket.
  6. Naskah akan diterbitkan di Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia setelah dilakukan peer review dan dinyatakan diterima.
  7. Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia akan memberi tahu penulis jika ada manuskrip yang tidak diterbitkan.
  8. Naskah dan ilustrasi yang diserahkan secara hukum adalah milik penerbit dan tidak boleh dipublikasikan di media lain tanpa izin resmi dari penerbit.
  9. Naskah yang melakukan sitasi bersumber artikel publikasi dari Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia akan menjadi pertimbangan tersendiri dari Editor.
  10. Informasi lebih lanjut silakan hubungi: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Kota Semarang (50273), Email: jipmi@unimus.ac.id.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.