Tentang Jurnal Ini

 

Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JIPMI) mewadahi publikasi kegiatan pengabdian masyarakat dan temuan inovasi teknologi terapan untuk semua bidang, diutamakan yang berhubungan dengan bidang kesehatan. 

JIPMI adalah jurnal tiga bulanan yang terbit 4 kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

JIPMI menerima naskah dalam bentuk Microsoft Word sesuai template yang disediakan. Hanya artikel sesuai panduan penulisan yang akan diproses. Seluruh artikel usulan wajib dikirimkan melalui sistem OJS.

PANDUAN PENULIS
  1. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia, belum dan tidak akan pernah diterbitkan di jurnal lain mana pun baik sebagian ataupun keseluruhan isi naskah.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan tulisan ilmiah yang bersumber dari kegiatan pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk seperti penyuluhan, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, serta laporan hasil inovasi pengembangan teknologi terapan bagi masyarakat baik bidang kesehatan dan non kesehatan.
  3. Naskah harus ditulis dalam bentuk artikel dengan sistematika: Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan (tidak dipisahkan), Kesimpulan, sesuai dengan template yang telah disediakan dan wajib menyertakan minimal 1 (satu) buah gambar/dokumentasi kegiatan.
  4. Penulis harus memiliki akun jurnal dengan mendaftar sebagai penulis sebelum masuk ke Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia, untuk mengirim dan mengunggah naskah.
  5. Jumlah referensi antara 15 - 40 buah, menggunakan aplikasi Mendeley dengan style SAGE-Vancouver bracket.
  6. Naskah akan diterbitkan di Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia setelah dilakukan peer review dan dinyatakan diterima.
  7. Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia akan memberi tahu penulis jika ada manuskrip yang tidak diterbitkan.
  8. Naskah dan ilustrasi yang diserahkan secara hukum adalah milik penerbit dan tidak boleh dipublikasikan di media lain tanpa izin resmi dari penerbit.
  9. Naskah yang melakukan sitasi bersumber artikel publikasi dari Jurnal Inovasi & Pengabdian Masyarakat Indonesia akan menjadi pertimbangan tersendiri dari Editor.
  10. Informasi lebih lanjut silakan hubungi: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Kota Semarang (50273), Email: jipmi@unimus.ac.id.