Pengembangan Skill dan Produktivitas Terhadap UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Jatipecaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan
DOI:
https://doi.org/10.26714/jipmi.v1i3.30Kata Kunci:
ekonomi tumbuh, pasca pandemi, pelatihan, UMKMAbstrak
Latar belakang: Berdasarkan analisis situasi di Desa Jatipecaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan terdapat permasalahan masih rendahnya pengembangan usaha UMKM dan relatif masih jalan di tempat ( stagnan ) dimasa pandemi covid-19. Tujuan: Untuk meningkatkan produktivitas dan skill untuk menunjang usaha kepada masyarakat di Desa Jatipecaron perlu dilakukan kegiatan melalui pelatihan, pendampingan dan pengembangan. Metode: Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan dengan melakukan metode survei lokasi, persiapan materi dan bekal pendampingan. Hasil: Sosialisasi kewirausahaan dapat membangkitkan ekonomi ditengah kondisi new normal pasca covid-19 dan memberikan dampak positif dalam pengembangan dunia usaha. Kesimpulan: Pengembangan usaha setelah pandemi covid-19 melalui kegiatan pengabdian masyarakat dapat meningkatkan pendapatan ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Jatipecaron.
Kata kunci: ekonomi tumbuh, pasca pandemi, pelatihan, UMKM
___________________________________________________________________________________________
Abstract
Background: Based on an analysis of the situation in Jatipecaron Village, Gubug District, Grobogan Regency, there are problems with the low level of UMKM business development and relatively still running in place (stagnant) during the pandemic covid-19. Objective: To increase productivity and skills to support business for the community in Jatipecaron Village, activities need to be carried out through training, mentoring and development. Methods: This service activity has been carried out by conducting a site survey method, preparing materials and providing assistance. Result: Entrepreneurship socialization can revive the economy in the midst of new normal conditions post-covid-19 and have a positive impact on the development of the business world. Conclusion: Business development after the covid-19 pandemic through community service activities can increase economic income and meet the needs of the Jatipecaron Village community.
Keywords: growing economy, pasca pandemic, workshop, UMKM
Metrik
Referensi
Haryo Limanseto. UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia. www.ekon.go.id, 2021, pp. 1–2.
Kementerian Investasi. Bkpm. Upaya Pemerintah Untuk Memajukan Umkm Indonesia. 2022, https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia. (Diunduh 2 June 2022).
Edward UP Nainggolan (Kakanwil Djkn Kalimantan Barat). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia, 2020, p. 1.
Raharja SJ, Natari SU. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2021; 4: 108.
Yacub R, Mustajab W. Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce, http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/ (2020).
Purwana D, Rahmi R, Aditya S. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (Jpmm) 2017; 1: 1–17.
Widiawati Am, Pratiwi Aa, Bimandra G. Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat 2019; 3: 147–157.
Sunarsi D, Kustini E, Lutfi Am, Et Al. Penyuluhan Wirausaha Home Industry Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas. Baktimas : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2019; 1: 188–193.
Panggabean Dd, Lubis I, Hasibuan Maf, Et Al. Pendampingan Industri Rumah Tangga Kuliner Roti Di Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2019; 9: 61.
Administrasi Publik J. Kecamatan Blimbing, Kota Malang) Feni Dwi Anggraeni, Imam Hardjanto, Ainul Hayat. Umkm.
Lokal K, Sejarah N, Khas A, Et Al. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Kepada Masyarakat Dalam Menjaga Makna. 2021; 1: 193–201.
Pratiwi Mi. Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm, http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners.
Sugiarti Y, Sari Y, Hadiyat Ma. E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2020; 3: 298.
Sugianto N, Putra Utama F. E-Commerce Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kelompok Tani Pangestu Rakyat Desa Barumanis Kabupaten Rejang Lebong.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.