Peduli Gempa Pidie Jaya: Sebuah Aksi Kemanusiaan

Penulis

  • Aditya Candra Fakultas Kedokteran, Universitas Abulyatama, 23372, Indonesia
  • Tahara Dilla Santi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh, 23245, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26714/jipmi.v1i3.5

Kata Kunci:

peduli gempa, PHBS, penyaluran bantuan

Abstrak

Latar belakang: Gempa yang terjadi di Pidie Jaya berdampak luas pada masalah kesehatan, kerusakan material dan korban jiwa. Korban gempa menempati tenda-tenda pengungsian yang didirikan pasca gempa terjadi. Kekurangan sandang, pangan sangat dirasakan oleh masyarakat. Peduli gema Pidie Jaya ditunjukkan dengan pemberian bantuan dan pendekatan pada korban. Tujuan:  Untuk memberikan pendekatan PHBS dan menyalurkan bantuan kebutuhan sandang dan pangan korban terdampak gempa. Metode: Pendekatan dan mengedukasi PHBS dilaksanakan di wilayah terparah gempa yaitu desa Kuta Pangwa. Peserta penyuluhan terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu di tenda-tenda pengungsian. Hasil: Kegiatan yang dilakukan meliputi penyuluhan dan pemberian bantuan. Peserta antusias mendengarkan penyuluhan PHBS. Materi yang disampaikan dengan metode ceramah, dan praktek mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar. Kegiatan selanjutnya pemberian bantuan berupa minyak, gula, beras, telur, susu, pampers, susu bayi, dan lainnya. Selanjutnya dibagikan juga pakaian baru baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kesimpulan: Kegiatan ini memberikan manfaat untuk korban gempa berupa pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun. Selain itu, penyerahan bantuan sembako dan lainnya untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Referensi

Khoirunisa, Nanda. Pengetahuan Mahasiswa terhadap Mitigasi Bencana Banjir setelah Melakukan Pembuatan Lubang Resapan Biopori di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta; 2014.

Sadisun IA. Pemahaman Karakteristik Bencana: Aspek Fundamental dan Upaya Mitigasi Penanganan Tanggap Darurat Bencana. Bandung: Institut Teknologi Bandung; 2008.

Badan Pusat Statistik. Luas Daerah dan Jumlah Pulau menurut provinsi. 2022.

Susilahati. Seri Kesiagaan Perempuan Dalam Menghadapi Bencana, Meningkatkan Kesiagaan Perempuan Dalam Menghadapi Bencana 2007), hal. 10. Yogyakarta: Pimpinan Pusat ‘AisyiahMajelis Kesejahteraan Sosial; 2007. 10 p.

Amadhila E, Shaamhula L, Van Rooy G, Siyambango N. Disaster risk reduction in the Omusati and Oshana regions of Namibia. J Disaster Risk Stud. 2013;5(1):99.

Shakuntala B. Gempa Bumi. Yogyakarta: Kanisius; 2008. 31 p.

BMKG. Gempa Bumi Kuat M=6.5 Guncang Pidie Jaya Provinsi Aceh Dipicu Akibat Aktivitas Sesar Aktif. 2016.

Teuku Dadek, Hermasyah, Dinamika Y. Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gempa Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen. Kumar. A, editor. Badan Penanggulangan Bencana Aceh Tahun 2019; 2019.

Komalasari MA, Karyadi LW, Wijayanti I. Dinamika Solidaritas Sosial Masyarakat Pasca Gempa Lombok. In: SAINTEK. 2021.

Satuan Tugas Pemulihan Gempa Pidie Jaya. Kaji Cepat Universitas Syiah Kuala terhadap Gempa Bumi 6.5 MW tanggal 7 Desember 2016 di sekitar Pidie Jaya-Aceh. 2016.

Zaennudin A. Bencana Letusan Gunung Api dalam Perangkat diagnosa kesiapsiagaan bencana Indoinesia (PASTI) Ancaman. Jakarta Pusat: Humanitarian Forum Indonesia; 2009. 175 – 180 p.

Kemenkes RI. Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. https://promkes.kemkes.go.id/gerakan-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-dalam-data-riset-kesehatan-dasar. 2022;

Surjono G. Uji Coba Konsep Model Penyelesaian Masalah Pengungsi Perantau Di Tempat Penampungan Sementara Daerah Asal. Yogyakarta; 2004.

Karimah R. Trauma Healing Oleh Muhammadiyah Disaster Management Center Untuk Anak Korban Bencana. UIN Sunan Kalijaga; 2015.

Azis, A. D., Ansar A. Traumatic Healing bagi anak-anak korban bencana gempa bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat. J Ilm Abdi Mas TPB Unram. 2019;1(2).

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

1.
Candra A, Santi TD. Peduli Gempa Pidie Jaya: Sebuah Aksi Kemanusiaan. JIPMI [Internet]. 31 Juli 2022 [dikutip 4 Oktober 2022];1(3):29-31. Tersedia pada: https://jurnalnew.unimus.ac.id/index.php/jipmi/article/view/5

Terbitan

Bagian

Artikel Bidang Kesehatan

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama