Penyuluhan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Dalam Rangka Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Pesantren Pring Wulung
DOI:
https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i3.142Kata Kunci:
cuci tangan, penyuluhan, PHBS, pondok pesantren, santriwanAbstrak
Latar belakang: Covid-19 merupakan zoonosis yang menular antar manusia (human to human) dengan laju penularan berdasarkan masa inkubasi, gejala dan durasi antara gejala dan pasien yang diisolasi. WHO, CDC, dan kementrian Indonesia merekomendasikan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan penyuluhan kepada masyarakat salah satunya adalah Santri Pondok Pesantren Salaf Pring Wulung. Berdasarkan survei diketahui bahwa para santriwan kurang memperhatikan pentingnya menjaga kebersihan diri, salah satunya yaitu mencuci tangan. Tujuan: Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran santriwan tentang pentingnya menerapkan PHBS. Metode: Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan menggunakan media PPT (Power Point Presentation) tentang materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan praktik langsung tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Indikator keberhasian kegiatan melalui peningkatan pengetahuan PHBS yang diidentifikasi dari hasil pre-test dan post-test serta kemampuan santriwan untuk mempraktikkan kembali cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan demonstrasi yang telah diberikan. Hasil: Pengetahuan santriwan terhadap PHBS secara garis besar cukup baik diketahui dari hasil pre-test tentang hal-hal yang termasuk dalam PHBS lebih dari 70%, meskipun secara teori masih cukup rendah. Setelah pemberian penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan santriwan tentang PHBS, dengan hasil post-test hampir semua 100% baik dan benar. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran santriwan Pondok Pesantren Pring Wulung dalam menerapkan PHBS, salah satunya dengan mencuci tangan dengan baik dan benar.
________________________________________________________________________________________
Abstract
Background: COVID-19 is a zoonotic disease that is transmitted between humans (human to human), with transmission rates based on incubation period, symptoms, and duration between symptoms in isolated patients. WHO, CDC, and the Indonesian Ministry recommend implementing Clean and Healthy Behavior (PHBS) with outreach to the community, one of which is the Santri of the Salaf Pring Wulung Islamic Boarding School. Based on the survey, it is known that the students pay less attention to the importance of maintaining personal hygiene, one of which is washing hands. Objective: The purpose of the activity is to provide knowledge and increase students' awareness about the importance of implementing PHBS. Method: Activities carried out in the form of counseling using PPT (PowerPoint Presentation) regarding materials on clean and healthy behavior and hands-on practice on how to wash hands properly and correctly Indicators of activity success through increasing PHBS knowledge were identified from the results of the pre-test and post-test, as well as the ability of students to re-practice how to wash hands properly and correctly per the demonstrations given. Result: In general, the student's knowledge of PHBS is quite well known from the results of the pre-test about things included in PHBS, which is more than 70%, although, in theory, it is still relatively low. After providing counseling, there was an increase in the student's knowledge about PHBS, with results post-test almost all 100% good and true. Conclusion: Service activities can increase the knowledge and awareness of Pring Wulung Islamic Boarding School students about implementing PHBS, one of which is washing hands properly and correctly.
Keywords: handwashing, counseling, PHBS, Islamic boarding schools, Islamic student
Metrik
Referensi
Handayani , D Hadi, DR Isbaniah FBEAH. Penyakit Virus Corona 2019. J respirologi Indones 2020; 40: 119–129.
Anhusadar L, Islamiyah I. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini 2020; 5: 463–475.
Tabi’in A. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD) 2020; 6: 58.
Kementrian kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peratur Menteri Kesehat No 2269 TAHUN 2011 tentang Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 2011; 4.
Masyarakat K. Nunun Nurhajati, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Desa Samir Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat 1. Nurhajati 2011; 1–18.
Andriansyah Y, Rahmantari DN. Penyuluhan Dan Praktik Phbs ( Perilaku Hidup Bersih. Inov dan Kewirausahaan 2013; 2: 45–50.
Raiz F dkk. Covid-19 : Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat. Islam Med Aassociation Netw Indoensia 2020; 6–73.
Report S, Asia S. Coronavirus Disease. Coronavirus Dis. Epub ahead of print 2022. DOI: 10.1016/c2020-0-01739-1.
Parasyanti NKV, Yanti NLGP, Mastini IGAAP. Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. J Akad Baiturrahim Jambi 2020; 9: 122.
Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia. Jakarta, 2014.
Natsir MF. Pengaruh penyuluhan CTPS terhadap peningkatan pengetahuan siswa SDN 169 bonto parang Kabupaten Jeneponto. J Kesehat Lingkung 2018; 1: 1–9.
Saibaka, YE., Tucunan, A., dan Rumayar A. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Fak Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi.
Achmadi U. Kesehatan Masyarakat dan Teori Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo.
Bambang P. Indikator Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) dalam PIS – PK. Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI.
Wati PDCA, Ridlo IA. Hygienic and Healthy Lifestyle in the Urban Village of Rangkah Surabaya. J PROMKES 2020; 8: 47.
Hermawati B, Handayani OWK, Mahendrasari DS, et al. Edukasi Kesehatan Mengenai Praktik Cuci Tangan pada Guru sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini 2021; 6: 894–902.
Hurd NM, Zimmerman M. Encyclopedia of Adolescence. Encycl Adolesc. Epub ahead of print 2011. DOI: 10.1007/978-1-4419-1695-2.
Alpert JS. Editorial: Role modeling: A personal anecdote. Am J Med 2011; 124: 281–282.
Husain R, Kaharu A. Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini 2020; 5: 85.
Banda M, Mutambo PP. Sociological Perspective of the Role of the Teacher in the 21st Century. Int J Humanit Soc Sci Educ 2016; 3: 162–175.
Okeke CIO, Drake ML. Teacher as role model: The South African position on the character of the teacher. Mediterr J Soc Sci 2014; 5: 1728–1737.
Morgenroth T, Ryan MK, Peters K. The motivational theory of role modeling: How role models influence role aspirants’ goals. Rev Gen Psychol 2015; 19: 465–483.
Narinasamy I, Logeswaran AK. Teacher As Moral Model – Are We Caring Enough? World J Educ 2015; 5: 1–13.
Kurnianingsih M. Efektivitas Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita. Smart Med J 2019; 2: 1.
Kobra P, Sima L, Fariborz R, et al. The Comparison of the effectiveness of Two Education Methods video and lecture on Knowledge, Belief and Practice of Hand Hygiene in Nursing Students: Clinical Trial. Int J Med Res Heal Sci 2016; 5: 240–248.
Susilowati D. Promosi Kesehatan. Jakarta, 2016.
Tidwell JB, Gopalakrishnan A, Unni A, et al. Impact of a teacher-led school handwashing program on children’s handwashing with soap at school and home in Bihar, India. PLoS One 2020; 15: 1–8.
So HY, Chen PP, Wong GKC, et al. Simulation in medical education. J R Coll Physicians Edinb 2019; 49: 52–57.
Sumitro S, J HK, Istiono W. The Effect of Lecture and Small Group Discussion Method in Health Education Towards Dengue Haemorrhagic Fever Vector Larva Free Proportion in Gunungkidul Regency. Rev Prim Care Pract Educ (Kajian Prakt dan Pendidik Layanan Prim 2019; 2: 25.
Mane MA, et al. A Study to Assess the Effectiveness of Hand Hygiene Technique among School Children in Maharashtra, India. Asian J Pharm Res Heal Care 2017; 9: 174–179.
Avissa, F., Nursalam, N., & Ulfiana E. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi dan Metode Ceramah Dengan Media Booklet Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Tindakan Mencuci Tangan Pada Anak Prasekolah. Fundam Manag Nurs J 2012; 1: 59–66.
KPAI. 12 Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar (Standar WHO). KPAI, https://www.kpai.go.id/utama/12-cara-mencuci-tangan-yang-baik-dan-benar-standar-who (2020, accessed 15 May 2023).
Nurullita U, Samual MR, Imania F, et al. Sosialisasi Kebiasaan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Kelurahan Bulusan Kota Semarang. J Inov dan Pengabdi Masy Indones 2022; 1: 1–4.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.