Penyuluhan Komsumsi Tablet Fe Menggunakan Video Edukasi Pada Remaja Putri di SMPN 17 Semarang

Penulis

  • Hadistya Hakimia S Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Jacobus Albertus Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Jalu Panjongko Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Yasmina Erna P Departemen Obstetri Ginekologi, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26714/pskm.v1iOktober.263

Kata Kunci:

anemia, promosi kesehatan, video audio-visual

Abstrak

Latar belakang: Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang diderita oleh semua kalangan usia. Wanita khususnya remaja putri merupakan kelompok yang paling rentan mengalami anemia. Remaja putri rentan menderita anemia karena banyak kehilangan darah pada saat menstruasi. Konsumsi tablet Fe dapat digunakan untuk mengurangi resiko anemia. Namun kepatuhan penggunaan tablet Fe pada siswi masih kurang sehingga membutuhkan kegiatan edukasi tambahan. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk kegiatan edukasi dengan dengan menggunakan video edukasi audiovisual. Kegiatan dilakukan di SMP 17 Semarang pada sejumlah 57 siswi putri. Evaluasi tingkat pengetahuan dilakukan dengan melihat jumlah  siswi yang mengalami peningkatan nilai pre-test dan post-test. Hasil: Kondisi awal sebelum pemberian pengetahuan mengenai anemia pada 40 siswi putri yang mendapatkan edukasi video. Kesimpulan: Video edukasi audiovisual mengenai pentingnya tablet Fe meningkatkan pengetahuan siswi putri di SMP 17 Semarang.

Biografi Penulis

Hadistya Hakimia S, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Penulis pertama, penulis korespondensi

Referensi

Lestari D, Arbaen Mn, Butar Obb, Et Al. Penanggulangan Rendahnya Konsumsi Ttd Remaja Putri Melalui Penyuluhan Dan Pembentukan Duta Remaja. Selaparang J Pengabdi Masy Berkemajuan. Epub Ahead Of Print 2021. Doi 10.31764/Jpmb.V4i3.4800.

Kemenkes Ri. Pedoman Pencegahan Dan Penanggulangan Anemia Pada Remaja Putri Dan Wanita Usia Subur (Wus. Jakarta Kemenkes Ri.2020

Aulya Y, Siauta Ja, Nizmadilla Y. Analisis Anemia Pada Remaja Putri. J Penelit Perawat Prof 2022; 1377–1386.

Meikawati W, Aminah S, Salawati T, Et Al. Edukasi Manfaat Konsumsi Tablet Tambah Darah Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Kh Sahlan Rosjidi Unimus. J Inov Dan Pengabdi Masy Indones 2022; 1: 22–24.

Angrainy R, Fitri L, Wulandari V. Pengetahuan Remaja Putri Tentang Konsumsi Tablet Fe Pada Saat Menstruasi Pengan Anemia. J Endur 2019; 4: 343.

Mahendra D, Jaya Imm, Lumban Amr. Buku Ajar Promosi Kesehatan. Progr Stud Diploma Tiga Keperawatan Fak Vokasi Uki 2019; 1–107.

Handayani D. Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Makan Dengan Status Gizi Dan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Theisis.2018

Adnyana Ganws, Armini Nw, Suarniti Nw. Gambaran Pengetahuan Tentang Anemia Dan Kepatuhan Remaja Dalam Mengkonsumsi Tablet Tambah Darah. J Ilm Kebidanan 2020; 9: 103–109.

Saputri Md, Noerfitri. Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, Perilaku Terkait Anemia Dan Asupan Zat Besi Dengan Kejadian Anemia Pada Mahasiswi Baru Stikes Mitra Keluarga. J Penelit Kesehat Suara Forikes.

Balqis. Efektivitas Video Sebagai Media Edukasi Untuk Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Niat Terhadap Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Sman 21 Makassar. 2022; 1–50.

Apriyanti Aini Pa. Promosi Kesehatan Dengan Media Video Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Pesantren Darussalam Bergas. J Pengabdi Kpd Masy - Aphelion 2022; 3: 207–212.

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Hakimia S, H., Albertus, J., Panjongko, J., & Erna P, Y. (2023). Penyuluhan Komsumsi Tablet Fe Menggunakan Video Edukasi Pada Remaja Putri di SMPN 17 Semarang. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN MASYARAKAT, 1(Oktober), 252–257. https://doi.org/10.26714/pskm.v1iOktober.263

Terbitan

Bagian

Prosiding Pengabdian Masyarakat