Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Miliaria Pada Bayi Usia 0-12 Bulan

Penulis

  • Naufal Nisa Araafi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Eko Krisnarto Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Kanti Ratnaningrum Bagian Ilmu Penyakit Tropis, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26714/pskm.v1iOktober.246

Kata Kunci:

bayi, miliaria, pakaian menyerap keringat, pembedongan, pengetahuan ibu

Abstrak

Latar Belakang: Keadaan iklim Tropis di Indonesia menyebabkan produksi keringat menjadi lebih banyak. Salah satu gangguan kulit yang dapat timbul dari keadaan tersebut adalah miliaria. Miliaria dapat mengenai semua usia, tetapi paling sering diderita oleh bayi karena keadaan kulit yang belum sempurna. Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menimbulkan miliaria yaitu faktor bayi, faktor lingkungan, dan faktor ibu. Tujuan studi ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu, penggunaan jenis pakaian, dan pembedongan terhadap kejadian miliaria pada bayi usia 0-12 bulan di desa dan kota, Wonosobo, Jawa Tengah. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 0-12 bulan yang datang ke Posyandu di Keluharan Jaraksari, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo dan Posyandu di Desa Sojokerto, Kabupaten Wonosobo. Data penelitian menggunakan kuesioner yang diisi melalui wawancara dan diagnosis miliaria berdasarkan gambaran UKK. Data dianalisis dengan uji chi square. Hasil: Tingkat pengetahuan ibu berhubungan dengan kejadian miliaria (p-value=0,001). Penggunaan pakaian menyerap keringat berhubungan dengan kejadian miliaria (p-value =0,003). Faktor pembedongan tidak berhubungan terhadap kejadian miliaria (p-value=1,000). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan ibu berhubungan terhadap kejadian miliaria.

Biografi Penulis

Naufal Nisa Araafi, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Penulis pertama, penulis korespondensi

Referensi

Luvilla B, Widyawati, Armalina D. Hubungan pengetahuan dan perilaku ibu dengan kejadian biang keringat pada bayi dan batita. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 2019 Jul;8(3):938–46.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI). Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Indonesia. Jakarta; 2017. 26–27 p.

Nagpal M, Aggarwal G. MILIARIA-AN UPDATE Nanodentistry View project Nanocarriers for transdermal drug delivery View project [Internet]. 2017. Available from: https://www.researchgate.net/publication/318982410

Goyal T, Varshney A, Bakshi SK. Incidence of Vesicobullous and Erosive Disorders of Neonates: Where and How Much to Worry? Indian J Pediatr. 2021 Jun 1;88(6):574–8.

Nurhayati S, Mariyam. Pengetahuan Dan Kemampuan Ibu Dalam Perawatan Daerah Perianal Pada Bayi Usia 0-12 Bulan Di Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal. Jurnal Keperawatan Anak. 2013;1(1):37–43.

Pasaribu A, Simanungkalit B, Bien. Cara memandikan dan merawat kulit bayi. Jakarta: Pustaka Mina; 2007.

Sudirman J, Triananingsih N, Sampara N, Pahrisal A. Analisis perkembangan motorik kasar dengan pemberian bedong pada bayi umur 3 bulan. Seminar Nasional Sains, Teknologi, dan Sosial Humaniora UIT. 2019;

Sjahriani T, Effendi A. Hubungan pengetahuan ibu tentang perawatan kulit pada bayi usia 0-12 bulan dengan kejadian miliaria di Kecamatan Kedaton Bandar Lampung Periode Mei-Juni 2015. 2015;

Isahadis D. Hubungan pengetahuan ibu tentang miliaria (keringat buntet) dengan kejadian miliaria pada bayi usia 0-12 bulan di Kelurahan Merjosari Kota Malang. [Malang]: Universitas Brawijaya; 2018.

Ningrum NW, Mauliyah I. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Kulit dengan Kejadian Miliaria pada Bayi usia 1-12 Bulan di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro . SURYA. 2012 Dec;3(13):16–20.

Setyawati S. Tingkat pengetahuan ibu tentang biang keringat (miliaria) pada anak usia 0-1 tahun di Posyandu Desa Pereng Mojogedang Karanganyar Tahun 2013. [Surakarta]: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada; 2013.

Ningrum N, Mauliyah I. Hubungan pengetahuan ibu tentang perawatan kulit dengan kejadian miliaria pada bayi usia 1-12 bulan di Desa Sumuragung Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. SURYA. 2012;3(13):16–20.

American Academy of Dermatology. Newborn Skin Rashes. American Academy of Dermatology.

Natahusada E. Ilmu penyakit kulit dan kelamin. 5th ed. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2007.

Junaidi. Ilmu kesehatan anak. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2006.

Pease A, Fleming P, Hauck F, Moon R. Swaddling and the risk of sudden infant death syndrome: a meta-analysis. Pediatrics. 2016;137(6).

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2023

Cara Mengutip

Araafi, N. N., Krisnarto, E., & Ratnaningrum, K. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Terhadap Kejadian Miliaria Pada Bayi Usia 0-12 Bulan. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN MASYARAKAT, 1(Oktober), 94–99. https://doi.org/10.26714/pskm.v1iOktober.246

Terbitan

Bagian

Prosiding Penelitian