Olahraga Sebagai Kegiatan Positif Pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen

Penulis

  • Muhammad Muhibbi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Andre Yogaswara Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Ahad Agafian Dhuha Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Sayid Fariz Bin Seh Abubakar Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26714/pskm.v1iSeptember.189

Kata Kunci:

kegiatan positif, olahraga, siswa

Abstrak

Latar belakang: Kualitas hidup yang baik akan tercipta salah satunya melalui kegiatan yang positif. Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan anak remaja salah satunya dengan berolahraga. Ditinjau dari pengertian, tujuan dan manfaat olahraga, olahraga merupakan kegiatan yang positif jika dilakukan dengan benar dan baik. Dalam olahraga terdapat nilai-nilai yang positif diantaranya; kejujuran, fair play, sportif, empati, simpati, sikap mental yang baik, tanggung jawab, menghormati orang lain, disiplin, motivasi, dan kerjasama. Metode:  Kegiatan pengabdian ini berbentuk Community-Based Participatory Research (CBPR). Desain dalam penelitian pengabdian ini menggunakan pre-test post-test group design. Teknik pengambilan data dalam penelitian pengabdian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan terkait teknik pengambilan data yaitu; panduan observasi, penyebaran angket, panduan wawancara, dan kamera/analisis dokumen-dokumen sebelumnya. Dalam penelitian pengabdian ini menjelaskan pentingnya berolahraga dengan hasil penelitian terdapat peningkatan dari tiga indikator (pemahaman, motivasi, dan ketertarikan) sebanyak 22,71%. Kesimpulan: Pentingnya kegiatan positif terhadap siswa SMP dengan tujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan oleh orang tua maupun guru di sekolah, dan terciptanya siswa yang berkarakter baik. Salah satu kegiatan positif tersebut yaitu melakukan olahraga di waktu luang. Alangkah lebih baiknya kalau setiap sekolahan memberikan dukungan penuh terhadap siswa untuk melakukan kegiatan olahraga dengan menyediakan sarana prasarana seperti ekstrakurikuler.

Biografi Penulis

Muhammad Muhibbi, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang

Penulis pertama, penulis korespondensi

Referensi

Alaska A, Hakim AA. Analisis Olahraga Tradisional Lompat Tali dan Engklek Sebagai Peningkatan Kebugaran Tubuh di Era New Normal. J Kesehat Olahraga. 2021;09:141–50.

Faradiba AT, Psikologi F, Pancasila U, Royanto LRM. Karakter Disiplin Pnghargaan T Jawab Dlm Extrakurkuler. J Sains Psikol. 2018;7:93–8.

Prawira AY, A’la F. Pelatihan Keterampilan Dasar-dasar Cabang Olahraga Renang pada Sekolah Renang Akuatik Jakarta Timur. J Sains Teknol dalam Pemberdaya Masy. 2021;2:83–8.

Priyono B. Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga. J Media Ilmu Keolahragaan Indones. 2012;2:112–23.

Nopiyanto YE, Raibowo S, Sugihartono T, Yarmani Y. Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga dan Asupan Gizi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menghadapi Covid-19. Dharma Raflesia J Ilm Pengemb dan Penerapan IPTEKS. 2020;18:90–100.

Herdiansyah D, Latifah N, Ibarahim OY, Asthuti F. Implementasi Senam Penguin Sebagai Kegiatan Olahraga Rutin Santri PONPES Sabilunajat. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;1:7.

Aditia DA. Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Di Sma Negeri Se-Kabupaten Wonosobo Tahun 2014/2015. E-Jurnal Phys Educ. 2015;4:2251–9.

Fahrizqi EB, Aguss RM, Yuliandra R. Pelatihan Penanganan Cidera Olahraga Di Sma Negeri 1 Pringsewu. J Soc Sci Technol Community Serv. 2021;2:11.

Burhaein E. Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indones J Prim Educ. 2017;1:51.

Yudha Prawira A, Prabowo E, Febrianto F. Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. J Educ FKIP UNMA. 2021;7:300–8.

Sudiana IK. Dampak Olahraga Wisata Bagi Masyarakat. J IKA. 2019;16:55.

Saitya I. Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidik Olahraga. 2022;1:9–13.

Mahfud I, Gumantan A, Nugroho RA. Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedik J PkM Ilmu Kependidikan. 2020;3:56.

Sitepu ID. Indra Darma Sitepu: Pembentukan Karakter Melalui Partisipasi Dalam Olahraga. J Pedagog Olahraga. 2017;3:99–112.

Bujang JS, Sulastri S, Pradita IA. Olahraga Voli Sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online Bagi Remaja Di Desa Jambat Akar Kabupaten Seluma. J Dharma Pendidik dan Keolahragaan. 2021;1:7–18.

Masjhoer JM. Model Pengembangan International Musi Triboatton sebagai Atraksi Sport Tourism. J Pariwisata Terap. 2020;3:154.

Isnaini LMY, Hasbi H. Peran Sport Tourism Dalam Pengembangan Ekonomi di NTB. J Lembing PJKR. 2020;4:27–32.

Afandi A, Laily N, Wahyudi N, Umam MH, Kambau RA, Rahman SA, et al. Metodologi Pengabdian Masyarakat. 1st ed. Suwendi, Basir A, Wahyudi J, editors. Jakarta; 2022.

Yahya M, Amirzan. Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi dan Potensi Diri. Sos Hum. 2019;2:79–87.

Br Nababan M, Dewi R, Akhmad I, Pendidikan Olahraga M, Pascasarjana Pendidikan Olahraga D. Analisis Pola Pembinaan Dan Pengembangan Olahraga Rekreasi Di Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Sumatera Utara Tahun 2017. J Pedagog Olahraga. 2019;4:38–55.

Mirhan, Jusuf JBK. Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Olahraga Prestasi. 2016;12:86–96.

Asri N, Pratiwi E, Barikah A, Kasanrawali A. Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Melalui Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Tradisional Kalimantan Selatan. Wahana Dedik J PkM Ilmu Kependidikan. 2021;4:126.

Bangun SY. Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. J Prestasi. 2019;2:29.

Adi S. Mental Atlet Dalam Mencapai Prestasi Olahraga Secara Maksimal. Pros Semin Nas Peran Pendidik Jasm Dalam Menyangga Interdisip Ilmu Olahraga. 2016;143–53.

Fussalam YE, Kurniawan R, Sapura DIM, Aprizan, Zulmi. Pemerdayaan Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga di Desa Lubuk Tenam. J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1:8–15.

Soegiyanto K. Keikutsertaan Masyarakat dalam Kegiatan Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indones. 2013;3:18–24.

Suharto, Santosa TB, Muqorrobin M, Suwondo A. Penerapan Teknologi Mesin Potong Rumput untuk Perawatan Lapangan Olah Raga. J Hilirisasi Technol Kpd Masy. 2022;3:38.

Whalsen Duli Agus Lauh. Dimensi Olahraga Pendidikan Dalam Pelaksanaan Penjasorkes Di Sekolah. J Pendidik Olahraga. 2014;3:83–93.

Srianto W, Sari YK. Sosialisasi Dan Pendampingan Dalam Upaya Peningkatan Eksistensi Olahraga Petanque Di Kota Yogyakarta Pada Masa Covid-19. BERNAS J Pengabdi Kpd Masy. 2020;1:175–80.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Muhibbi, M., Yogaswara, A., Dhuha, A. A., & Abubakar, S. F. B. S. (2023). Olahraga Sebagai Kegiatan Positif Pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. PROSIDING SEMINAR KESEHATAN MASYARAKAT, 1(September), 61–70. https://doi.org/10.26714/pskm.v1iSeptember.189

Terbitan

Bagian

Prosiding Pengabdian Masyarakat