Upaya Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah melalui Deteksi Dini Tumbuh Kembang
DOI:
https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i2.98Kata Kunci:
anak usia pra sekolah, deteksi dini, tumbuh kembangAbstrak
Latar belakang: Fase awal kehidupan, terutama masa sejak dalam kandungan hingga tahun kedua kehidupan anak, merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Deteksi dini defisit perkembangan sangat penting untuk identifikasi dini perbedaan perkembangan pada anak prasekolah, termasuk memantau keluhan orang tua tentang kemungkinan masalah perkembangan pada anak. Tujuan: Tujuan dari kegiatan ini diharapkan dapat mendeteksi dini tumbuh kembang anak usia pra sekolah. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan di KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten. Instrumen yang digunakan berupa timbangan digital dan pengukur tinggi badan serta form Kuesioner Pra Skrinig Perkembangan (KPSP) dari Kemenkes RI. Hasil: Status gizi sebagian besar siswa tergolong status gizi normal. Gambaran perkembangan anak di KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten sebagian besar sesuai (88,64%). Kesimpulan: Pertumbuhan siswa di KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten sebagian besar normal dan perkembangan siswa di KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten sebagian besar sesuai dengan umur.
Kata Kunci: anak usia pra sekolah, deteksi dini, tumbuh kembang
________________________________________________________________________________________
Abstract
Background: The early years of life, especially the period from the womb to the first two years of life, are extremely important for the growth and development of a child. Early detection of developmental gaps is very important for early detection of developmental gaps in preschool children. This includes monitoring parent complaints about child development issues. Objective: to help recognize the early growth and development of preschoolers. Method: This activity took place on KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten. The instruments used were a digital scale and height scale and the Indonesian Ministry of Health's Developmental Pre-Screening Questionnaire (KPSP) form. Result: Nutritional status measurements indicated that most of the students belonged to normal nutritional status. The description of child development in KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten is mostly appropriate (88.64%). Conclusion: student development at KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten is mostly normal and student development at KBTK Aisyiyah Sumberejo Klaten is mostly appropriate.
Keywords: pre-school age children, early detection, growth and development
Metrik
Referensi
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan lntervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Bakti Husada 2016; 59.
Wati DE. Pengetahuan Guru PAUD Tentang KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) sebagai Alat Deteksi Tumbuh Kembang Anak. J VARIDIKA 2016; 28: 133–139.
Kementerian Kesehatan RI. Situasi Stunting di Indonesia. Jendela Data dan Inf Kesehat 2020; II: 01–14.
Fitriani IS, Oktobriariani RR. Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Orang Tua terhadap Pencegahan Penyimpangan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita. Indones J Heal Sci 2017; 1: 1.
Kusumawardani LH, Rinandar F, Lestari ER, et al. Edukasi Gizi Seimbang Melalui Metode Role Play Pada Aanak Usia Pra Sekolah Di Desa Rempoah, Baturadden. J Community Heal Dev 2020; 1: 185–190.
Nugroho MR, Sasongko RN, Kristiawan M. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini; 5. Epub ahead of print 2021. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.1169.
Amelia F. Hubungan Pekerjaan Ibu, Jenis Kelamin, dan Pemberian Asi Eklusif Terhadap Kejadian Stunting Pada Balita 6-59 Bulan di Bangka Selatan. J Kesehat Poltekkes Kemenkes Ri Pangkalpinang 2020; 8: 1.
Astuti R, Wirdati IE, Rusmitasari H. Sosialisasi Stunting Balita Pada Ibu PKK RT 03 RW 02 Tegalkangkung Kedungmundu Kota Semarang. J Inov dan Pengabdi Masy Indones 2023; 2: 36–39.
Attanasio O, Baker-Henningham H, Bernal R, et al. Early Stimulation and Nutrition: The Impacts of a Scalable Intervention. J Eur Econ Assoc 2022; 20: 1395–1432.
Yulianda A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Berbicara Pada Anak Balita. J Pendidik Bhs dan Sastra Indones 2019; 3: 12–16.
Brodin J, Renblad K. Improvement of preschool children’s speech and language skills. Early Child Dev Care 2020; 190: 2205–2213.
Yanti E, Fridalni N. Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah. J Kesehat Med Santika 2020; 7: 108–113.
Nurul Abidah S, Novianti H. Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun oleh Orangtua. Poltekita J Ilmu Kesehat 2020; 14: 89–93.
Ananda Y. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Pra Sekolah Di Tk Inti Gugus Tulip Iii Padang Tahun 2018. J Keperawatan Abdurrab 2019; 2: 29–35.
Oktaviyani RD, Suri OI. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. J Kesehat 2019; 10: 112.
Inggriani DM, Rinjani M, Susanti R. Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun Berbasis Aplikasi Android. Wellness Heal Mag 2019; 1: 115–124.
Wati DE. Pengetahuan Guru PAUD Tentang KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) sebagai Alat Deteksi Tumbuh Kembang Anak. J VARIDIKA 2017; 28: 133–139.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.