Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di Klasis Telutih, Kabupaten Seram Bagian Timur
DOI:
https://doi.org/10.26714/jipmi.v2i2.104Kata Kunci:
pelatihan, penelitian tindakan kelas, profesionalisme guruAbstrak
Latar belakang: Pendidikan merupakan salah satu unsur penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia, dan guru merupakan komponen yang memegang peran penting dalam menentukan kualitas proses pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru harus meningkatkan kompetensinya agar mampu melakukan tugas profesionalnya sebagai seorang pendidik. Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah penelitian tindakan kelas. Namun, guru-guru di Klasis Telutih, Kabupaten Seram Bagian Timur belum pernah mengikuti pelatihan penelitian tindakan kelas serta mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam bentuk penelitian dan tulisan. Tujuan: Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu guru dalam merancang dan melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru. Metode: Kegiatan pengabdian dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Hasil: Menunjukkan bahwa rata-rata respon partisipan 37% menyatakan puas dan 55% menyatakan sangat puas terhadap semua aspek pelatihan yang dilakukan, sedangkan 8% menyatakan kurang puas karena keterbatasan waktu pelatihan sehingga praktik penyusunan PTK kurang maksimal. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian melalui pelatihan penelitian tindakan kelas memberikan manfaat bagi partisipan pelatihan sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru sebagai seorang pendidik.
Kata kunci: pelatihan, penelitian tindakan kelas, profesionalisme guru
__________________________________________________________________________________________
Abstract
Background: Education and teachers are an important element in determining the quality of human resources and the quality of the learning process. Therefore, a teacher must improve his competence to carry out his professional duties as an educator. One of the efforts made by the teacher is classroom action research. The teachers at Telutih Klasis in East Seram District had never participated in classroom action research training and had difficulties in expressing their ideas in research and writing. Objective: This service activity aims to assist teachers in designing and conducting classroom action research to increase teacher professionalism. Method: Service activities are carried out through three stages, namely preparation activity, implementation activity, and evaluation activity. Result: Shows that the average response of participants was 37% said they were satisfied and 55% said they were very satisfied with all aspects of the training carried out, while 8% said they were not satisfied because of the limited time for training so that the practice of preparing PTK was not optimal. Conclusion: Community service activities through classroom action research training provide benefits for training participants so that they can increase teacher professionalism as an educator.
Keywords: training, classroom action research, teacher professionalism
Metrik
Referensi
Wardani W, Karsiwan K, Purwasih A, et al. Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Kabupaten Pringsewu. Dedik J Pengabdi Masy 2019; 1: 323.
Maharani ETW, Fitria MS, Yusrin, et al. Pemanfaatan Minyak Jelantah Dalam Pembuatan Sabun: Sebuah Enterpreunership Bagi Guru Kimia. J Inov dan Pengabdi Masy Indones 2022; 1: 37–40.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Daud MH, Kaleka MBU. Analisis Kesulitan Bagi Guru IPA Untuk Melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Opt J Pendidik Fis 2019; 3: 36–42.
Suwarso PN, Emaliana I, Rahmiati II, et al. Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas J Pengabdi Kpd Masy 2022; 13: 138–144.
Lassa A, Nalenan JS, Kamlasi I. Penguatan Kapasitas Guru Yayasan Pendidikan Kristen Hiti Kefa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah. BERNAS J Pengabdi … 2021; 2: 369–373.
Nurgiansah TH. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Bantul. BERNAS J Pengabdi Kpd Masy 2021; 2: 28–33.
Wijaya C, Syahrum. Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. 2nd ed. Bandung: Citapustaka, http://repository.unp.ac.id/71/ (2013).
Farhana H, Awiria, Muttaqien N. Penelitian Tindakan Kelas. 1st ed. Harapan Cerdas, 2019.
Asrori, Rusman. Classroom Action Reserach: Pengembangan Kompetensi Guru. 1st ed. Purwokerto: Pena Persada, 2020.
Satyawati ST, Dwikurnaningsih Y,. Pelatihan dan Pendampingan Menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas secara Daring bagi Guru Yayasan Pendidikan Eben Haezer Salatiga. Transform dan Inov J Pengabdi Masy 2021; 1: 67–77.
Hartati Z, Hidayati N. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru MTS. Islamiyah Kota Palangka Raya. Al-Khidma J Pengabdi Masy 2022; 1: 115–121.
Rumahuru YZ, Siahaya A, Talupun JS, et al. Pengembangan Karier Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. JMM (Jurnal Masy Mandiri) 2021; 5: 5–12.
Lao HAE, Tari E, Koroh LID, et al. Tips dan Trik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas di Larantuka, Flores Timur. Abdimas … 2022; 4: 93–97.
Tari E, Lao HA., Koroh LI., et al. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Di Sekolah Menengah Teologi Kristen Waikabubak. J Pengabdi Masy Multidisiplin 2022; 6: 45–50.
Luji DS, Tari E, Syahputra AW, et al. Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas di Sabu Raijua. Din J Pengabdi Kpd Masy 2022; 6: 1155–1159.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JURNAL INOVASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.